• Jl. Taman Menteri Soepeno No. 2 Semarang
  • Telp. (024) 8311172
  • bpkad@jatengprov.go.id
14-02-2022

SEMARANG - Gubernur Ganjar Pranowo membahas momen kebakaran Relokasi Pasar Johar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) saat memimpin apel upacara Bulan K3 Nasional Tahun 2022 di halaman PT. Kubota Indonesia, Semarang, Kamis (3/2).

Ganjar mengatakan, peristiwa ini mengingatkan betapa pentingnya edukasi dalam hal keselamatan kerja. Ganjar berharap, spirit menjaga keselamatan kerja di manapun.

“Ini jadi perhatian kita agar seluruh tempat kerja kita pastikan aman dan nyaman,” kata Ganjar saat apel.

Ganjar mengatakan, keselamatan kerja bisa dilakukan jika semua mempunyai kepedulian serta kesadaran yang sama.

“Kami mengingatkan seluruh tempat kerja betul-betul dijaga, dicek dan ada orang yang melakukan pengecekan rutin. Kebakaran di pasar johar, itu pasti ada sesuatu dan artinya itu terkait dengan keselamatan kerja,” jelas Ganjar.

Edukasi terhadap potensi-potensi kebakaran harus terus dilakukan. Tidak terbatas untuk pekerja di lingkungan industri, tetapi juga masyarakat secara luas.

“Kalau meletakkan alat mudah terbakar itu bagaimana memberikan peringatan, bagaimana kepedulian. Awareness dari pekerja itu juga penting, ini butuh kekompakan antara pihak manajemen dengan para pekerja. Sehingga kalau sistem udah bagus, pegawai bagus, komitmen bagus ya insyaallah keselamatannya akan terjaga, edukasi ga boleh berhenti,” tegas Ganjar.